Senin, 23 April 2012

Sejarah TPQ II


       Pada tahun 2001 saat ramai-ramainya pengenalan metode Baca Al-Qur’an dengan metode An-Nahdliyah, beberapa remaja masjid Desa Bogo tertarik untuk ikut mendalami metode terebut, melalui patihan-pelatihan. Mereka  adalah Mursaid, Ruslan dan Yusuf.  Dari pelatihan tersebut memunculkan inisiatif untuk menyampaikan metode tersebut kepada anak-anak  Desa Bogo. Sehingga setiap selesai dhuhur beberapa anak mulai ikut kegiatan tersebut. Beberapa anak menyambut kegiatan tersebut dengan antusias, namun kurangnya kordinasi dengan masyarakat, maka kegiatan ini sempat timbul tenggelam. Dan pada akhirnya karena berbagai kesibukan ustadz-ustdznya maka jumlah santri makin hari makin berkurang dan sempat terhenti.
            Sementara itu penulis yang saat itu masih duduk di kelas 2 Aliyah MA Islamiyah “At-Tanwir” Talun Sumberjo Bojonegoro merasa ikut terpanggil ikut membantu menghidupkan kembali kegiata tersebut. Pada mulanya penulis sekolah dan tinggal di asrama Sekolah tersebut, namun karena keinginan tersebut penulis memutuskan untuk sekolah pulang pergi (tidak tinggal diasrama). Dan pada akhirnya bersama mas Mursaid, dan Ruslan kegiatan tersebut kembali diadakan, namun dengan koordinasi yang lebih baik dengan semua pihak. Berawal dari sinilah TPQ dan MADIN “Al-Khoirot” terus berjalan hingga sekarang ini.
               Lembaga ini hanya menggunakan fasilitas masjid Desa Bogo, hal ini disebabkan karena lembaga ini dibawah naungan Takmir Masjid Desa Bogo. Namun sebenarnya selalu muncul keinginan untuk mendirikan sebuah bangunan disekitar masjid yang khusus untuk kegiatan mengaji anak-anak TPQ. Namun lagi-lagi karena rendahnya tinggkat ekonomi masyarakat setempat maka keinginan itu belum bisa diwujudkan. Meski demikian semangat kami beserta keluarga besar “Al-Khoirot” untuk memajukan Islam di Desa Bogo insyaallah akan terus teguh. Ini terbukti semakin besar kepecayaan masyarakat untuk ikut mendalami ilmu agama di lembaga kami mulai dari desa Bogo, Desa Semanding Bojonegoro, desa Mulyoagung Balen, dan Semenpinggir Kapas.
           Oleh karena itu kami mengundang para dermawan, orang kaya, pemerhati pendidikan Islam yang ingin berinvestasi Akhirat,  inilah kesempatan besar anda. Masih banyak yang dibutuhkan dilembaga kami. Lembaga ini bukan milik pribadi seseorang tetapi milik kaum muslim, siapapun berhak memajukannya.
Kami hanya berdo’a semoga semua orang yang telah ikut membantu dalam kegiatan kami selalu diberi kemudahan oleh Allah dalam semua urusannya, teriring doa jazakumullah ahsanal jaza’.

Biodata Penulis;
Nama : Moch. Khusbaliyah,  
Alamat : Desa Bogo Kapas Bojonegoro
Jabatan : Kepala Lembaga Al-Khoirot dan cucu dari Mbah Somoastro
No Hp : 085235659911

Tidak ada komentar:

Posting Komentar